Kelas : 1EB40
NPM : 22214238
UNIVERSITAS GUNADARMA KARAWACI
1. PENDAHULUAN
1.1 Definisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Menurut Hamache,
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
1.2 Fungsi dan Manfaat Komputer
Fungsi dan Peranan komputer bagi kehidupan manusia sudah sangat penting, bahkan bisa dikatakan sebagian besar kegiatan manusia ditunjang oleh adanya komputer. Mulai dari kegiatan pendidikan, kegiatan bisnis dan komersial, pemerintahan, dunia hiburan, dan kegiatan pribadi lainnya.
Kegunaannya komputer sebagai alat pendukung untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya.
Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :
a. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
b. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
c. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.
1.3 Manfaat komputer
Manfaaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan–pekerjaan manusia diantaranya adalah :
1. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa,membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X
3. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer.
1.4 Sejarah Komputer
Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Proses pengolahan data telah dikalukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam perhitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
1. Sejarah computer menurut periodenya adalah:
a. Komputer Generasi Pertama
Generasi pertama (1946-1959) pada generasi pertama ini komputer dibuat masih sangat sederhana dan belum komleks penggunaannya, sehingga komputer belum dapat memproses masalah-masalah yang besar, lagi pula bentuk komputernya besar dan lamban dalam prosesnya serta pembuatanya masih menggunakan komponen yang besar-besar.
Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, antara lain :
1. Ukuran fisiknya besar.
2. Kecepatan proses lambat
3. Cepat panas
4. Membutuhkan listrik besar
5. Menggunakan tabung hampa udara (vaccum tube).
6. Memorinya menggunakan Magnite Core Storage.
7. Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Language).
8. Menggunakan konsep stored prodram.
b. Komputer Generasi Kedua
Generasi kedua (1959-1965) komputer generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama yang dibuat untuk penyempurnaan bentuk dari komputer dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Komponennya telah mnggunakan transistor.
2. Ukuran fisiknya lebih kecil.
3. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
4. Tidak cepat panas.
5. Membutuhkan listrik lebih hemat (sedikit).
6. Memori yang digunakan lebih besar.
7. Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language).
8. Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
c. Komputer Generasi Ketiga
Generasi ketiga (1965-1970), komputer pada generasi ini dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu pula komputer generasi ketiga ini telah dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) serta penggunaan listriknya lebih hemat, kemudian ukuran fisiknya lebih kecil agar dapat menghemat penggunaan ruang.Komputer generasi ketiga ini mempunyai
cir-ciri sebagai berikut :
1. Komponennya menggunakan IC (Integrated Cercuit) atau yang disebut “chip” dalam bentuk Hybrid Integrated Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam suatu tempat.
2. Kecepatan prosesnya lebih cepat.
3. Membutuhkan listrik lebih hemat.
4. Memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
5. Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random access, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
6. Dapat digunakan untuk multi processing dan multi progrmming.
7. Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visial display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakannya alatpembaca tinta mengetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
d. Komputer Generasi Keempat
Generasi keempat (1970-1995), Komputer generasi keempat ini merupakan pengembangan dari komputer dari generasi ketiga. Komputer generasi ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang didapatkan.
Komputer generasi keempat ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1.Telah menggunakan LSI (Large Scale Integration), yaitu menggabungkan beribu-biru IC yang didapatkan dalam 1 buah chip.
2.LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 transistor yang dipadatkan.
3.Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu.
e. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan computer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif computer generasi kelima adalah computer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. Hal menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah computer generasi kelima. Banyak kemajuan di bidang disai computer dan teknologi semakin memungkinkan pembuataan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang yang terutama adalah kemampuan pemprosesan parallel, yang menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Dengan demikian maka komputer generasi baru yang datang, banyak menggunakan sensor-sensor untuk mempermudah dan lebih mempercepat pekerjaan kita. Suatu perencanaan yang akan datang komputer dibuat untuk mempermudah interaksi antara manusia dengan komputer secara langsung, seakan-akan manusia tersebut berada didalam komputer.
Hal ini dapat terwujud dengan adanya materi kecerdasan buatan (Artificial Intellegent), yaitu suatu alat yang dibuat untuk dapat bekerja seperti manusia, sehingga manusia bukan lagi sebagai obyek luar komputer. Dan ini dapat kita lihat dengan dibuatnya obyek di dalam komputer, dimana manusia menggunakan helm khusus agar tampak jelas seperti di dalam komputer. Selain itu, kini telah dibuat robot-robot pengganti tenaga manuasia. Pada robot tersebut dibuatkan sensor-sensor pondeteksi rangsangan dari luar dan akan langsung meresponnya seperti layaknya manusia.
1.5 Sistem Komputer
System komputer adalah elemen-elemen atau komponen yang berkaitan atau saling bekerja sama untuk menjalakan suatu aktifitas dengan menggunakan computer.
Apabila salah satu elemen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware),elemen perangkat lunak (software), komponen data, dan komponen komunikasi. Dibawah ini akan dijelaskan fungsi dari komponen computer yaitu :
1. Perangkat keras (Hardware)
Hardware yaitu peralatan dalm bentuk fisik yang menjalankan sistem computer. Hardware digunkan sebagai media untuk menjalankan software (perangkat lunak) dan peralatan ini berfungsi untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalm bentuk informasi
yang digunakan oleh manusia untuk laporan. Perangkat keras computer terdiri dari:
a. Input divice (unit masukan
Input divice merupakan alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi kedalam computer.input device sesuai dengan namanya hanya digunakan untuk memasukkan data atau instruksi kedalam CPU (process device).
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
1. Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alatpemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, scanner.
2. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
a. Keyboard
Keybord adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi atau membuat kode berdasarkan penekanan tombol-tombol kunci. Keyboard yang ada selam ini terdiri dari
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
c. Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dan menggerakkan objek gambar ke suatu tujuan didalam layar monitor,contoh Logitech dan genius.
Pembuatan mouse ini dimaksud untuk memudahkan pekerjaan anda dalam menggerakkan kursor untuk memilih menu pada tampilan didalam monitor. Cara penggunaan mouse adalah dengan menggeser mouse pada permukaan datar menuju tujuan yang anda inginkan dan dilanjutkan dengan menekan tombol mouse.
d. Lightpen
Lightpen adalah alat yang menyerupai pena dan dapat memancarkan sinar untuk dituliskan langsung pada layar monitor atau pada bidang datar yang khusus dirancang untuk dapat ditulisi dengan menggunakan pena khusus.
e.Floppy Disk Drive
Merupakan suatu hardware yang menghubungkan disket dengan komputer, Jadi Anda hendak melakukan pemindahan data dari komputer satu dengan yang lain dengan menggunakan disket, maka disinilah sebaiknya Anda masukkan disketnya. Tapi untuk zaman sekarang pemakaian disket terkikis oleh perkembangan teknologi komputer. Karena ukuran disket hampir sebesar CD dan hanya dapat menyimpan memori yang lebih kecil, maka diskiet sudah ditinggalkan oleh sebagian besar penggunanya. Saat ini alat yang lebih ngetren adalah dengan menggunakan flashdisk.
f.Scanner
scanner alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukkan data (huruf/angka) dan gambar pada selembar kertas atau objek lain kedalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor.
2. Process device (unit Pemrosesan)
Process device (unit Pemrosesan) merupakan alat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil tertentu yang dikehendaki . process device dapat melakukan tugasnya jika ada masukan dari input device baik berupa data atau instruksi. Alat ini disebut CPU ( Central processing unit ).
3. Output device (unit keluaran)
Output device (unit keluaran) merupakan alat yang digunakan untuk menampilkan laporan atau informasi hasil pengelohan dari input baik ditampilkan pada layar monitor maupun dicetak pada media lain. Adapun yang tergolong kedalam Output device yaitu: Monitor, printer/plotter, proyektor dan microform.
1. Monitor
Monitor adalah menampil data, monitor digunakan untuk mengobservasi, mengawasi, mengontrol atau melakukan verifikasi pada operasi suatu sistem atas kebenaran operasi suatu program selama pelaksanaannya. Monitor sangat dibutuhkan untuk sebuah PC sebagai tampilan tentang apa yang telah kita kerjakan dan sebagai petunjuk suatu sistem operasi program.
2.Printer atau plotter
Printer atau plotter adalah alat yang digunakan untuk mencetak grafik, gambar dan data lain pada lembar kertas, plastik dan media lain. Alat ini juga banyak membantu orang yang ingin mengetahui informasi yang dihasilkan setelah proses. Printer terbagi menjadi tiga jenis yaitu: impact printer, nonimpact printer dan plotter.
3 .Proyektor
Proyektor adalah alat untuk menampilkan slide pada layarcontohnya sony. Alat ini sangat cocok untuk mempresentasikan laporan, promosi produk pada konsumen, simulasi program yang akan digunakan, dan lain-lain. Pada awalnya, orang menggunakan OHP untuk menampilkan presentasi, sehingga untuk pergantian lembar presentasi orang tersebut akan bolak-balik untuk mengambil dan memasang lembar presentasi namun dengan dibuatnya alat ini orang tidak perlu lagi bolak-balik memasang lembar presentasi, cukup hanya menekan tekan enter pada keyboard dan menggeser geser mouse untuk menjelaskan presentasi.
Microform adalah alat bantu untuk mencetak kedalam bentuk miniature diatas film fotografi. Alat ini dapat mencetak kedalam microfilm ( film dalm bentuk gulungan ) dan microfiche (film dalm bentuk lembaran). Penyimpanan hasil kelembar microfilm memang sangat baik karena hasil lembaran yang banyak tersebut dapat dimasukkan kedalam lembaran yang kecil, sehingga dapat dimasukkan kedalm laci lemari atau tempat yang kecil. Untuk mencetak kedalm microfilm ini dibutuhkan alat computer output microform (COM).
4. Backing Storage ( unit penyimpanan).
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
2. Perangkat lunak (Software)
Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yangberisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Perangkat lunak komputer berfungsi untuk :
1. Mengidentifikasi program.
2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Macam-macam Perangkat Lunak
1. Sistem Operasi (Operating System),
2. Program Aplikasi (Application Programs),
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language),
4. Program Bantu (Utility)
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.
Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
a. Menyimpan program dan aksesnya.
b. Membagi tugas di dalam CPU.
c. Mengalokasikan tugas-tugas penting.
d. Merekam sumber-sumber data.
e. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data.
f. Memeriksa kesalahan sistem.
g. Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.
Macam-macam sistem operasi yang dikenal hingga saat ini, antara lain:
a. DOS ( Disk Operating System )
System operasi yang digunakan pertama kali dan masih digunakan hingga saat ini. Penggunaan DOS ini sangat penting bagi perkembangan sistem operasi, karena DOS ini sebagai cikal bakalnya sistem operasi. DOS terbagi menjadi tiga jenis,yaitu: DR-DOS, PC-DOS, dan MS-DOS.
b. Operating system/2
Operating system/2 atau yang lebih populer dikenal dengan OS/2 dibuat pertama kali dengan tujuan untuk menggantikan sistem operasi DOS. Namun penggunaan sistem opersi ini jarang digunakan karena harganya lebih mahal dibandingkan degan DOS. Selain itu pengembangan sistem opersi OS/2 lebih lambat dibandingkan item operasi DOS.
c. UNIX
Sistem operasi unix pertama kali digunakan untuk computer mini dan mainframe, kini sudah dapat digunakan oleh computer mikro. Sistem opersi unix diciptakan oleh ahli riset Bell laboratories, Amerika. Sistem operasi ini kurang diminati oleh para pengguna mikro computer karena sulit menyatukan standar sistem. Sistem operasi UNIX perkembangannya tidak sepesat sistem operasi DOS, namun kini sistem operasi UNIX telah dikeluarkan versi terbarunya dengan nama LINUX. Untuk mempromosikan dan memperkenalkan sistem operasi ini kepada masyarakat, diambil kebijakan pada perusahaan pembuatnya dengan secara gratis sistem opersi pada internet. Jadi, bagi penggunaan computer dapat men-download program ini secara Cuma-Cuma pada internet.
2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain. Program ini khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan
3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar